TOYOTA BUSINESS MODEL

Salah satu metode berpikir kreatif hasil ciptaan dari Bob Eberle adalah SCAMPER. Kata SCAMPER ini adalah singkatan dari Substitute, Combine, Adapt, Modify, Put to another use, Eliminate, dan Reverse.

Substitute

Prinsip: Apakah ada unsur-unsur dari sebuah produk / proses / layanan / ide yang bisa diganti, misalnya dengan mengganti orang yang mengerjakan, material, atau komponennya?

Adapt

Prinsip: Bisakah produk / proses / solusi ini dipakai pada kondisi lain dengan sedikit perubahan? Perubahan apa yang bisa dilakukan untuk menyesuaikan dengan lingkungan baru?

Modify

Prinsip: Apakah ada atribut yang bisa diubah, misalnya warna, bentuk, dan ukuran produk?

Put to another use

Prinsip:  Bisakah produk / proses / layanan / solusi yang sama dipakai di tempat lain atau untuk kegunaan lain?

Eliminate

Prinsip: Apakah ada bagian dari produk yang bisa dihilangkan atau dialih fungsikan sehingga lebih efisien?

Re-arrange

Prinsip:  Bisakah urutan pengerjaan atau susunan komponen diubah untuk mendapatkan fungsi lain, misalnya dari merubah orientasi produk dari horisontal ke vertikal?

Masih bingung?? hehe, yaudah kalo gitu kita langsung aja ke contohnya yaaa :)

SCAMPER FOR TOYOTA

Substitute

  • Toyota Prius (hybrid car) use technology ICE (internal combustion  engine) propulsion system with an EPS (electric propulsion system). Mobil ini ramah lingkungan, juga hemat bahan bakar.
  • Sebagai pioneer dalam produksi mobil berbahan bakar 100% AIR.

Combine

  • Fasilitas entertainment yang terintegrasi secara menyeluruh dan semakin cepatnya perkembangan teknologi internet, Toyota dapat membuat sendiri content dari fasilitas entertainment yang mereka sediakan.
  • Video streaming, video call, koneksi internet, menonton film, streaming radio, etc akan menjadi suatu hal yang sangat menarik bagi pengguna mobil yang membutuhkan hiburan ditengah kemacetan.

Adapt

  • Dengan mahalnya harga bahan bakar, maka Toyota dapat memproduksi mobil dengan bahan bakar irit tetapi tetap dengan performanya yang tangguh.
  • Toyota memproduksi small city car 1000cc.

Modify

  • Mengembangkan system mobil tanpa pengemudi.
  • Menggabungkan teknologi gps, map, dan automatic driving; penumpang hanya perlu menentukan tujuan dan jalur yang akan di pergunakan, kurang lebih seperti system auto pilot di pesawat.

Put Other Purpose

  • Toyota mengembangkan sebuah brand baru yang bergerak di pasar mobil murah, di bawah harga 100 juta, dengan harga sangat kompetitif tapi tetap menjaga kualitas dan keamanannya pasti sangat diminati konsumen.

Eliminate

  • Mengurangi biaya produksi, dengan meminimalisasi fasilitas yang ada di dalam mobil (bukan berarti mengurangi keamanannya). Bisa diakali dengan design yang compact, minimalis tetapi tetap elegan.

Rearrange

  • SMART SEATING. Konsumen dibebaskan untuk memilih susunan kursi sesuai keinginan mereka. Tidak hanya memilih wana cover jok nya, akan tetapi konsumen juga dapat mendesign sendiri susunan kursi sesuai selera.

bagaimana bagaimana??? Mudah kan menerapkan konsep SCAMPER ini? Selain mudah digunakan, SCAMPER ini berguna banget lho sebagai metode untuk berpikir lebih kreatif….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s